Dalam
sebuah proses komunikasi terdapat beberapa macam unsur atau komponen yang
mendukung agar proses komunikasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar
sehingga tujuan dari komunikasi dapat tercapai. Beberapa komponen tersebut
antara lain:
1.
Komunikator
Yang
dimaksud dengan komunikator adalah pengirim atau sumber dari pesan. Komunikator dapat berupa orang atau
perseorangan.
2.
Pesan
Pesan
merupakan inti dari proses komunikasi. Pesan dapat berisi tentang gagasan yang
diterjemahkan melalui symbol-simbol untuk disampaikan kepada penerima.
3.
Sarana Komunikasi/ Channel
Channel
dapat disebut juga dengan media untuk berkomunikasi. Keberhasilan dari siatu
proses komunikasi dapat ditentukan oleh media yang digunakan. Pemilihan media
komunikai yang tepat akan menguatkan isi pesan yang kita berikan. Sebaiknya,
media yang digunakan disesuikan dengan kebutuhan atau bisa jadi kesukaan dari
si komunikan sehingga proses komunikasi tersebut dapat berjalan dengan baik
sehingga kita akan mendapat feedback yang positive juga.
4.
Feedback
Feedback
merupakan output yang dari proses komunikasi yang berupa tanggapan atau respon.
Terdapat beberapa jenis feedback atau ouput yakni positive, negative netral,
dan zero feedback.
5.
Komunikan
Adalah
penerima pesan (receiver). Komunikan dapat berupa orang atau kelompok. Salah
satu contoh dari komunikan adalah ketika sedang proses belajar mengajar, maka
taruna berperan sebagai komunikan.
Dalam komunikasi
terdapat proses encoding & decoding, yakni proses dalam mengganti dari
gagasan ke symbol baik itu verbal maupun non verbal. Dalam memilih encoding
kita harus tepat agar tujuan dari pesan dapat tercapai
Terdapat banyak teknik
dalam komunikasi, dalam hal ini jangan sampai si komunikator harus bisa
mengajak komunikan untuk mengikuti ajakannya. Jangan sampai komunikator malah
terjebak dengan kata-kata dari komunikan karena hal tersebut menandakan bahwa
proses komunikasi tersebut belum berhasil.
Jenis-Jenis Komunikasi
1.
Komunikasi intrapersonal
Yang
dimaksud dengan komunikasi intrapersonal yakni komunikasi dengan diri kita
sendiri. Komunikasi ini meliputi sensasi, memori, persepsi dan berpikir. Pada
jenis komunikasi ini, dijelaskan bagaimana individu mengatur, mengolah dan
menyimpan informasi. Komunikasi intrapersonal sangat penting, karena keberhasilan
kita dalam berkomunikasi dengan orang lain tergantung pada komunikasi kita
dengan diri sendiri.
2.
Komunikasi interpersonal
Komunikasi
ini terdiri dari 2 orang yang saling memberikan informasi baik dengan bahasa
verbal maupun nonverbal. Komunikasi
jenis ini dibagi menjadi komunikasi
diadik,
komunikasi
publik,
dan komunikasi
kelompok
kecil.
Jenis komunikasi ini sangat berpotensi untuk mempengaruhi orang lain, karena
kita dapat menggunakan kelima alat indera kita untuk memperdaya orang lain agar
tujuan tercapai.
3.
Komunikasi bermedia
Sebenarnya
komunikasi ini sama dengan komunikasi interpersonal, tetapi menggunakan media
sebagai sarananya.
4.
Komunikasi Publik
Komunikasi
public merupakan komunikasi yang dilakukan di depan banyak orang. Komunikasi
ini juga dapat menggunakan media social sebagai sarananya.
Sebenarnya
komunikasi public sama halnya dengan komunikasi massa, akan tetapi cakupan dari
komunikasi public lebih besar daripada komunikasi massa.
5.
Komunikasi Massa
Komunikasi
massa merupakan komunikasi yang menggunakan media dalam menyiarkan
informasi-informasi atau gagasan yang dilakukan selama terus-menerus agar
tujuan tercapai. Media yang digunakan dapat berupa media cetak maupun
elektronik. Jenis komunikasi ini biasanya diatur dalam lembaga sehingga proses
penyebarluasan berita agak sedikit lamban.
Perbedaan komunikasi public dan massa:
Keuntungan
|
Kekurangan
|
|
Komunikasi Massa
|
- Pesan dikirim dengan cepat dan efisien.
|
- Pesan
yang disampaikan tidak sampai pada sasaran karena khalayak yang anonim dan
heterogen.
– Berbiaya mahal.
|
Komunikasi Public
|
- Efektivitas pesan tinggi.
|
- Feedback bersifat terbatas, terutama yang
bersifat verbal.
|
Agar dapat menghasilkan komunikasi yang
efektif, terdapat empat tahapan yang harus dilakukan yaitu pengumpulan fakta,
perencanaan, komunikasi, dan evaluasi. Jadi jika belum melakukan keempat hal
ini, maka bisa dikatakan komunikasi dilakukan belum efektif.
Sumber:
http://jhonmiduk8.blogspot.co.id/2015/04/unsur-unsur-komunikasi.html (Diakses pada tanggal 28 Maret 2017)
https://ahmadrimba.wordpress.com/2016/01/11/komunikasi-intrapribadi-antarpribadi-kelompok-publik-organisasi-massa/ ( Diakses pada tanggal 28 Maret 2017)
https://ahmadrimba.wordpress.com/2016/01/11/komunikasi-intrapribadi-antarpribadi-kelompok-publik-organisasi-massa/ ( Diakses pada tanggal 28 Maret 2017)
Presentasi dari Ibu Tri Susila Hidayati
0 komentar:
Posting Komentar